Minggu, 17 Februari 2013

kapal latih



Di tulis oleh : Musdhiki
KAPAL LATIH
Kapal latih KM Permata Bahari 2 SMKN 1 Mundu dirancang sebagai Kapal Latih yang sederhana oleh operatornya agar mudah dalam perawatan dan penggunaannya, tetapi tidak mengurangi kopetensi sebagai perwira di Kapal. Agar Kapal dapat digunakan sebagai sarana Praktek siswa maka harus ada perawatan yang rutin maupun periodik. Perawatan bangunan kapal, mesin mesin, alat navigasi, alat tangkap memerlukan biaya yang mahal. Dengan GT 23 Kapal latih dengan panjang 15 meter lebar 4,8 meter draf 80 cm, kapal ini dapat digunakan dalam satu rombongan belajar. Kapal latih ini digerakan dengan mesin induk Mitsubishi D16 dengan 6 silinder. Selain mesin induk juga ada mesin Genset ( Listrik ) dan mesin Winch ( Penarik) dan mesin Line huler untuk alat tangkap pancing long line. Kapal ini dilengkapi dengan alat tangkap Gill net, Bubu ikan/rajungan, Trawl/dogol dan long line. Untuk menghemat anggaran perawatan kapal,  Nakhoda kadang merangkap KKM ,Kepala Dek dan Juru masak.
Kapal ini mempunyai kecepatan 7 mil per jam atau antara 12 KM perjam. Kapal ini dibuat pada tahun 1994 dengan bahan dari kayu tembesi dan jati. Kedepannya kapal ini akan dilengkapi mesin pendingin sebagai sarana belajar jurusan TKPI di kapal latih. Fasilitas yang ada dikapal diantaranya Ruang anjungan kapal sebagai ruangan untuk belajar mengemudikan kapal / latihan penguasaan alat alat Navigasi kapal, Dapur, Toilet, Ruang mesin sarana belajar siswa dan lain lain. Pendidikannya Mengacu pada IMO ( International Maritim Organitation ) Model Course dan STCW .
Agar usia kapal panjang umur maka kapal harus dilakukan perawatan di antaranya :
Perawatan Harian : Membersihkan kapal, mengontrol /mengecek tali tambat,dapra kapal , got
                                Got kapal dan memanaskan mesin mesin kapal
Perawatan Bulanan : Pemakalan kapal, Pengecatan kapal tiap 4 bulan, pelapisan fiber glass yang bocor, Pengelasan reling pagar kapal yang rusak akobat benturan dengan kapal , penggantian oli mesin , penggantian tali kipas kapal, penggantian saringan solar/oli, perbaikan alat tangkap, pembersihan tritip di lambung kapal,  penggantian paking seal mesin dan AS propeller baling baling kapal dan lain lain.
Perawatan Tahunan : Doking Kapal yaitu perbaikan besar bangunan kapal dan mesin kapal di atas galangan kapal. Kapal di tarik ke Darat, dibersikan dari atas sampai bawah, kalau ada kayu yang rusak pada bagian bawah air harus diganti, Perawatan baling baling kapal, Pengecatan seluruh bangunan kapal, mesin di bongkar , kelep mesin di sekir, paking paking mesin yang bocor diganti, saluran pendingin mesin air laut di bersihkan, oli mesin induk diganti, oli gear box diganti , kayu kayu yang lapuk diganti.

Perawatan kapal memang mahal tapi hasil praktek pendidikan yang berkwalitas akan memperoleh siswa yang handal dan mempunyai kedudukan diatas kapal sebagai perwira atau nakhoda. Jika mereka jadi pimpinan di atas kapal di dalam negeri atau luar negeri maka dampaknya mereka ikut menggerakan perekonomian dengan mebawa perbekalan kapal dari dalam negeri.Sehingga target Devisa diatas 10 milyar dolar US dari sektor kelautan dapat tercapai 3 tahun mendatang.
 Para siswa akan melakukan praktek penangkapan ikan dengan gill net


para siswa bergembira praktek laut telah selesai

bersuka cita kapal telah mendarat
sedang memasang upan pada bubu

Bapak H. Bardiyanto, SPi , M Si Selaku kepala Program Kopetensi Nautika Kapal perikanan mengawasi kegiatan praktek laut

Sedang Seting jaring
Praktek membaring menggunakan kompas
jenis jenis ikan yang yertangkap Trawl mini
untuk melatih disiplin dan tanggung jawab siswa dilatih membawa kapal dapat mengoprasikan alat alat kapal dan habis digunakan kapal dan peralatan di cuci dan dirapihkan

 kapal melakukan doking tahunan di tegal
perawatan propeler baling baling kapal kemudi
selain jadi nakhoda kapal harus bisa  juga jadi Chip Engine, Kepala dek, Koki agar biaya perawatan kapal bisa ditekan

di harapkan dengan sering latihan/praktek siswa dapat memenuhi pangsa kerja pelayaran dan perikanan internasional dengan menjadi nakhoda atau perwira kapal












Tidak ada komentar:

Posting Komentar